Ada beberapa metode cara yang bisa dilakukan untuk mengukur suhu tubuh anak
gambar temometer

Oral
Termometer dimasukkan ke dalam mulut anak. cara ini membutuhkan kerjasama dengan anak yang sulit dilakukan sehingga jarang sekali digunakan. Hasil pengukuran sering kali terganggu karena dipengaruhi oleh suhu makanan/minuman yang ada dalam mulut. suhu tubuh normal dengan pengukuran oral, menurut metode pengukuran canadian paediatric society (2004) adalah 35,5 - 37,5 C.

Membran timpani
Suhu tubuh anak diukur dengan menggunakan termometer inframerah yang dimasukkan ke dalam lubang telinga. membran timpani merupakan tempat yang ideal untuk pengukuran suhu inti karena terdapat arteri yang berhubungan dengan pusat termoregulasi (kemampuan tubuh mempertahankan suhu dalam batas sehat tertentu). akan tetapi ada beberapa kekurangan , yaitu perbedaan model termometer inframerah bisa menyebabkan hasil yang bervariasi, lekukan lubang telinga juga memberikan kesulitan untuk mencapai membran timpani, terutama pada bayi baru lahir. Suhu tubuh normal dengan pengukuran membran timpani menurut metode pengukuran canadian paediatric society (2004) adalah 35,8 - 38 C.

Rektal
Termometer dimasukkan ke dalam rektum anak. cara ini dianggap paling mendekati suhu sentral, namun ketika suhu sentral meningkat atau menurun secara tiba-tiba , maka temperatur rektal berubah lebih lama dan dapat berbeda dari temperatur sentral. Hasil pemeriksaan melalui rektal tidak direkomendasikan pada pasien bati baru lahir ataupun pasien diare. suhu tubuh normal dengan pengukuran rektal menurut metode pengukuran canadian paediatric society (2004) adalah 36,6 - 38 C.

Aksila
Cara ini adalah dengan termometer diselipkan di ketiak anak. cara ini mudah dilakukan dan nyaman bagi anak, hanya saja memiliki sensitivitas yang bervariasi. pemeriksaan dengan cara aksila dipengaruhi oleh jenis termometer, lama pengukuran dan suhu lingkungan. biasanya suhu aksila lebih rendah 0,5 derajat selcius daripada suhu rektal ataupun membran timpani. suhu tubuh normal dengan pengukuran aksila menurut metode pengukuran canadian paediatric society (2004) adalah 34,7 - 37,3 C.

Post a Comment

Isi komentar merupakan pendapat pribadi pengirim. Arsipin tidak bertanggung jawab terhadap isi komentar dari pengunjung. Komentar yang dianggap tidak pantas akan kami hapus. Komentar sobat bisa dibaca dan menjadi masukan berarti bagi seluruh pengunjung Arsipin blog.

 
Top