Apakah kamu pernah memakan buah manggis? kalaupun ada segelintir orang yang belum pernah melihatnya, tapi pernahkah kamu berfikir untuk memakan kulit buah manggis? engga kan? padahal komponen buah manggis yang paling besar manfaatnya adalah kulitnya, yaitu 70-75%. sedangkan daging buahnya hanya 10-15%. dan bijinya 15-20%.

menurut hasil penelitian Ir. kasma Iswari, tahun 2005, kandungan xanthone tertinggi terdapat dalam kulit buah manggis. 107,76 mg per 100 gram kulit buah. tapi apakah xanthone? xanthoneadalah zat kimia alami yang tergolong senyawa polyphenolic, yang tidak ditemui pada buah-buahan lain. karena itu di dunia medis dan farmasi, manggis dijuluki queen of fruit. tapi apakah hanya xanthone yang dikandung kulit itu? ternyata tidak, seperti dilaporkan peneliti bernama moonkarni tahun 2005. kulit buah manggis juga mengandung catechin, pottasium, kalsium, fosfor, besi, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6 dan vitamin C.

Xanthone ditemukan pertama kali oleh ilmuwan jerman tahun 1855. zat ini dikenal sebagai antioksidantingkat tinggi dan bahan aktif yang stabil dalam keadaan panas ataupun dingin, termasuk ketika di dalam tubuh manusia. kulit buah manggis mengandung antioksidan 17.000 hingga 20.000 orac per 100 ounce. padahal, bahan lain berantioksidan tinggi seperti wortel dan jeruk, masing-masing hanya 300 dan 2400 orac.
Orac adalah singkatan dari oxygen radical absorbance capacity. yakni kemampuan antioksidan menetralkan radikal bebas penyebab penyakit seperti gangguan jantung, stroke , diabetes dan kanker.
Karena sifatnya itu xanthone mampu menjadi pelingung bagi sel-sel tubuh atau proses pengrusakan sel tubuh oleh radikal bebas. xanthone kulit buah manggis juga berkhasiat sebagai anti  bakteri, anti infeksi, anti radang, anti lelah, anti inflamasi, anti aging, anti parkinson, anti alzheimer dan anti alergi. 

pada tahun 2002, seorang ilmuwan menemukan xanthone efektif untuk menghambat kanker hati, kanker lambung dan kanker paru. bahkan khasiatnya jauh lebih efektif bila dibandingkan dengan obat kanker. penelitian di Mahindon university, thailand yahun 2004 menunjukkan bahwa pericarp manggis sangat efektif melawan kanker payudara pada manusia. jadi amatlah wajar apabila lagu hitam hitam si buah manggis tetap laris dari dahulu hingga sekarang.

Post a Comment

Isi komentar merupakan pendapat pribadi pengirim. Arsipin tidak bertanggung jawab terhadap isi komentar dari pengunjung. Komentar yang dianggap tidak pantas akan kami hapus. Komentar sobat bisa dibaca dan menjadi masukan berarti bagi seluruh pengunjung Arsipin blog.

 
Top