mengkudu
Buah mengkudu / buah pace dengan nama latin Morinda Citrifolia sudah dikenal berkhasiat oleh sebagian besar orang indonesia. pohon mengkudu dapat tumbuh dan berkembang dengan baik pada area dataran rendah sampai ketinggian 1500 dpl. tanaman mengkudu bisa mencapai 3-9 meter ini mempunyai bunga berwarna putih. ketika buahnya masih muda, mengkudu berwarna hijau totol-totol dan jika sudah matang akan berwarna putih dengan totol-totol hitam.

Rasanya yang pahit tidak jadi masalah di daerah aceh menyebut buah mengkudu dengan buah keumeudee untuk dijadikan sayur. selain bisa menjadi obat, masyarakat aceh tradisional menggunakan daun mengkudu sebagai santapan menu wajib berbuka puasa untuk bahan makanan nicah peugaga. daun mengkudu sangat lebar, berbentuk lonjong berukuran 15-50 x 5-17cm mempunyai kandungan protein sebanyak 4-6% sehingga sangat baik untuk kesehatan.

Kandungan zat dalam buah mengkudu:
  • Mengkudu mengandung zat-zat nutrisi, proxeronine, xeronine dan scolopetin. zat anti bakteri berguna untuk mematikan sebab infeksi bakteri mematikan.
  • Kandungan zat terpenoid dapat membantu memulihkan sel-sel tubuh juga proses sintetic organic
  • Zat anti kanker buah mengkudu dapat membantu melawan sel-sel tidak normal yang sangat efektif.
Mengkudu untuk Kesehatan:
  • menormalkan tekanan darah tinggi. Dari hasil uji Neil Solomon MD.PhD, seorang peneliti kesehatan dari amerika diketahui kandungan scolopeletin buah mengkudu bisa menurunkan tekanan darah tinggi menjadi normal. zat scolopeletin bereaksi sinergis dengan makanan/ obat jenis lain dalam pengaturan tekanan darah tinggi ke normal.
  • Anti Peradangan & Anti Alergi
  • Penghilang Rasa sakit (pain)
  • Mengobati Kanker dan tumor
  • Anti Bakteria
Demikianlah posting Arsipin tentang Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

Isi komentar merupakan pendapat pribadi pengirim. Arsipin tidak bertanggung jawab terhadap isi komentar dari pengunjung. Komentar yang dianggap tidak pantas akan kami hapus. Komentar sobat bisa dibaca dan menjadi masukan berarti bagi seluruh pengunjung Arsipin blog.

 
Top