Kembali ke belakang sekitar tahun 1800-an, sebuah perusahaan pos  pionir Pryce Pryce-Jones menemukan ide untuk menyatukan 2 karpet persegi panjang yang diikat oleh tali sehingga Rectangular Sleeping Bags (kantong tidur persegi panjang) tercipta. Ia dianggap sebagai penemu desain modern Rectangular Sleeping Bags saat ini. Ide ini datang untuk tentara rusia agar mereka bisa membawa tempat tidur ke  manapun dan dimanapun saat mereka perlu. Hal itu dianggap ide yang revolusioner. Setelah perang, ia masih  memiliki banyak kantong tersisa dan memutuskan untuk memasarkan kepada publik. Ide ini kemudian ditangkap untuk kenyamanan lebih maka dibuatkanlah bantalan di dalamnya.

Ritsletingnya disempurnakan lagi pada tahun 1917 ,  kantong tidur dibuat lebih besar dan penutupnya lebih rapat agar panas tubuh orang tetap terjaga sehingga mereka bisa merasakan hangat ketika malam hari di musim dingin.Pada dasarnya kantong tidur berarti kantong pelindung bagi seseorang untuk tidur yang terdiri dari dua selimut yang disatukan ketika tidak tersedia tempat tidur/kasur.

Sleeping Bags

Ada berbagai bentuk kantong tidur (sleeping bags) di bawah ini.
Rectangular Sleeping Bags adalah bentuk paling asli dan paling umum yang sering sobat lihat di pasaran. Ini merupakan desain sederhana namun efektif dan terus mendominasi pasar ketika rekreasi berkemah (camping) dan traveling. Meskipun awalnya hanya dua selimut yang diikat bersama namun tahun demi tahun teknologi telah memungkinkan produsen  untuk mengisinya dengan bahan sintetis yang menciptakan retensi panas lebih baik daripada model lama. Beberapa terbuat dari serat sintetis, serat kapas, atau bahan wool. 
Perbedaannya:
  • Serat sintetis tidak akan menyerap air dan akan membuat Anda hangat walau kantong sedikit basah. 
  • Bahan Wol cenderung tetap kering namun jauh lebih berat dan lebih sulit untuk dibawa.
Kantong tidur umumnya persegi panjang yang sangat mudah untuk disimpan dan dibawa karena bisa dilipat menjadi dua atau tiga bagian, digulung dan kemudian diikat dengan pengikat. Anda dapat membawa itu di ransel atau simpan saja di bagasi mobil Anda untuk traveling selanjutnya. Biasanya banyak digunakan bagi overnighters di rumah seorang teman, umumnya disebut kantong tidur (sleeping bag). Kantong tidur ini umumnya dibuat untuk kenyamanan tidur malam. Anak-anak sangat menyukai jenis ini karena mereka biasa dengan  kantong tidur jenis persegi panjang dalam berbagai warna, ukuran , desain dari pahlawan favorit mereka dan terutama warna pink menjadi pilihan para putri.

Tipe lain dari kantong tidur adalah kantong mumi (Mummy Bags). Kantong tidur mumi berbeda dari gaya tradisional karena bentuknya. Ide di balik ini adalah bahwa ada bagian kurang luas di permukaan  dalam kantong yang memungkinkan panas untuk menjalar lebih cepat dan membuat Anda hangat. Kantong Ini umumnya digunakan dalam mendakian ekstrim dan kegiatan mendaki dimana situasi cuaca akan sangat dingin. Jenis kantong yang digunakan dalam ekspedisi ke gunung Everest, gunug Kilimanjaro, dll. Kecuali Anda merencanakan perjalanan ke iklim yang sangat dingin dan tidur di tempat terbuka maka Anda mungkin akan lebih senang  dengan kantong tidur persegi panjang daripada jenis kantong mumi. Tas ini memiliki penggunaan tertentu dan mereka sangat spesifik, cuaca sangat dingin. Kantong Mummy biasanya tidak digulung seperti jenis persegi panjang.

Ketika menggunakan semua jenis kantong tidur hal yang paling penting adalah untuk membuat Anda merasa hangat di malam yang dingin. Ketika Anda berbaring Anda cenderung untuk merusak bahan isolasi antara Anda dan permukaan bawah menyebabkan isolasi tidak bekerja dengan baik. Untuk membantu dengan masalah ini dianjurkan untuk  Anda menempatkan pad atau bahan isolasi non crushable bawah kantong Anda. Ritsleting kantong tidur persegi panjang merupakan titik lemah untuk kehilangan panas namun dengan teknologi saat ini kehilangan panas biasanya minim dibandingkan dengan model lama. 

Ketika akan memilih kantong tidur Anda harus bertanya pada diri sendiri beberapa pertanyaan:
  • Pertama, tanyakan pada diri anda jika Anda akan berkemah di cuaca dingin atau hanya  di akhir pecan musim panas. 
  • Kedua, tanyakan pada diri Anda jika sewaktu-waktu Anda akan pergi pada ekspedisi ekstrim untuk iklim sangat dingin yang menyebabkan kebutuhan untuk membawa jenis kantong mumi. 
  • Ketiga, tanyakan pada diri sendiri berapa lama Anda ingin menghabiskan perjalanan dan ini akan membantu mempersempit pilihan Anda.

Post a Comment

Isi komentar merupakan pendapat pribadi pengirim. Arsipin tidak bertanggung jawab terhadap isi komentar dari pengunjung. Komentar yang dianggap tidak pantas akan kami hapus. Komentar sobat bisa dibaca dan menjadi masukan berarti bagi seluruh pengunjung Arsipin blog.

 
Top